Analisa Jurnal Desain Pemodelan Grafik
Analisa Desain Pemodelan Grafik
Pada tugas softskill kali ini saya akan mencoba menjelaskan analisa saya tentang desain pemodelan grafik. Pertama saya akan menjelaskan tentang Desain, Desain adalah seni, arsitektur dan kekreatifan yang dicapai oleh seseorang. Desain juga diartikan sebagai kerangka bentuk atau rancangan yang dibuat oleh seorang desainer untuk membantu mewujudkan objek yang dia inginkan. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang pengertian Pemodelan, Pemodelan adalah pola dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang oleh desainer Pemodelan merupakan proses dibentuknya suatu obyek agar dapat membentuk objek aslinya tanpa ada kesalahan dan proses ini memerlukan beberapa tahap. Setelah itu pengertian tentang Grafik, Grafik adalah perwujudan atau model manipulasi citra yang dilakukan oleh seorang deasainer dan merupakan objek yang telah jadi dari seorang desainer perwujudanya bisa merupakan bentuk huruf simbol atau tulisan. Dari pengertian tersebut bisa kita simpulkan bahwa Desain Pemodelan Grafik adalah proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yaitu membuat, menyimpan dan manipulasi model dan citra.
Desain Pemodelan Grafik juga berkaitan erat dengan grafik komputer. Berikut adalah kegiatan yang terkait dengan grafik komputer :
- Pemodelan geometris berfungsi untuk menciptakan model matematika dari objek- objek 2D dan 3D.
- Rendering berfungsi untuk memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
- Animasi berfungsi untuk menetapkan atau menampilkan kembali tingkah laku atau behavior objek bergantung waktu.
- Kerangka Grafik Komputer.
- Graphic library/package adalah perantara aplikasi dan display hardware (Graphic System).
- Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library.
- Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra.
- Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, desain, manufaktur, visualisasi dan lain-lain.
Dalam pembuatan Desain Pemodelan Grafik dibutuhkan pula aplikasi penunjang, seperti :
- Aplikasi pengolah tata letak :
- Adobe in design
- Microsoft Publisher
- Aplikasi pengolah gambar :
- Adobe Photoshop
- Corel Draw X4.
- Aplikasi pengolah garis :
- Adobe Ilustrator.
- Aplikasi pengolah multimedia
- Macromedia Flash.
- Apliksi 3 dimensi dan 2 dimensi
- Autocad
- Blender
- Archicad
Saya akan mencoba menjelaskan unsur-unsur yang ada pada desain grafik melalui media bunga seperti gambar diatas. Alasannya adalah gambar bunga memiliki bentuk yang unik dan mempunyai macam variasi warna walaupun hanya setangkai bunga. Berikut adalah unsur-unsur yang ada pada desain grafik, diantaranya adalah :
- Garis (Line) : Pada gambar diatas garis lengkungan lengkungannya membuat Bunga terlihat lebih cantik dan menarik.
- Bentuk (Shape) : Bunga memiliki bentuk yang beragam, tergantung jenis bunganya.
- Teksture (Texture) : Bunga memiliki tektur yang lembut, tingkat kerapuhan kelopak bunga tergantung pada jenis bunga.
- Ukuran (Size) : Ukuran bunga memiliki beragam tergantung jenis bunga.
- Warna (Colour) : Pewarnaan pada bunga beragam dan terlihat cantik sesuai dengan jenis bunganya.
Referensi :
- http://dwisaar.wordpress.com/2014/10/12/analisis-desain-pemodelan-grafik-balon/
- http://brotoboyz.blogspot.com/2013/10/pengertian-desain-pemodelan-grafik.html
- http://sayamanusia-kukubima.blogspot.com/2013/11/desain-pemodelan-grafik.html
- http://apriyandis.wordpress.com/2012/10/25/desain-pemodelan-grafik/
Comments
Post a Comment